May 6, 2020

Color of 2020: Dibalik Warna Classic Blue

Living coral telah mendelegasikan gelarnya, dan kali ini Pantone mengumumkan warna classic blue akan mendominasi tahun 2020. Setelah melalui berbagai pertimbangan dan proses panjang, warna ini dipilih dengan kesan elegannya untuk memasuki era baru. 

Personally, I really obsessed with colors. Gemes banget ngeliat tiap tahun ada aja warna-warna baru yang menarik perhatian mata – dan tiap tahun juga warna kesukaanku bertambah. Kalau lagi desain buat template presentasi, logo, vektor dkk pasti lama di nentuin warna, iya gak sih? 

Hal pertama yang ditangkap oleh mata kita adalah warna. Waktu respon dalam mengidentifikasi perbedaan warna lebih cepat jika dibandingkan saat kita menangkap perbedaan objek; keadaan ini disebabkan karena warna memiliki kemampuan lebih baik dan lebih besar dalam menarik perhatian indra penglihatan kita dibanding variabel lain. 

Pan memperluas studi terdahulunya dan menarik kesimpulan jika warna bisa menghasilkan tingkat perhatian yang tinggi juga efektif untuk meningkatkan daya ingat kita. Misalnya nih, kalau kita lagi bikin mindmap buat ujian, gak jarang kan kita lebih banyak pake spidol warna-warni buat highlight inti dari materi – ini dilakuin biar kita bisa ingat sama kata kunci dan kita bisa ngejabarin dari kata kunci tersebut sesuai daya ingat dan daya talar kita. Makin banyak atensi yang difokuskan pada suatu objek, makin besar peluang rangsangan yang kita terima untuk ditransfer ke memori kita. 

Warna juga bisa mempengaruhi kognisi dan perilaku kita melalui asosiasi yang selama ini kita pelajari. Pasti pernah ngerasain dapet nilai jelek dong? Biasanya, guru bakal ngasih nilai jelek yang ditulis dengan tinta merah. Kita mengasosiasikan situasi ini sebagai suatu kesalahan dan peringatan biar kita belajar lebih giat dan dapet nilai yang lebih baik. 

www.meetlalaland.com - arti warna classic blue dan cara memadumadankan dengan pakaian sehari-harimu

Zhu ternyata udah mengidentifikasi kalau warna merah bakal menghubungkan kita pada sesuatu yang berbau detail-oriented dan butuh perhatian tinggi – dari rambu jalan sampai mobil pemadam kebakaran – sedangkan warna biru ditafsirkan sebagai ketenangan dan kedamaian yang bikin kita merasa “aman” untuk bereksplor dan berpikir out of the box. Kejawab ya kenapa Blue dalam Blue’s Clues warnanya biru 😉 

Terlepas dari banyaknya tipe dan kodenya, warna biru membantu kita untuk menjadi lebih produktif, terutama orang-orang dengan profesi yang membutuhkan tingkat intelektual yang tinggi. Dan siapa sangka, kalau paparan sinar cahaya biru atau hijau di pagi hari berkontribusi dalam pelepasan hormon kortisol yang menstimulasi dan bantu kita untuk bangun lebih cepat.

Blue also associated with sad feelings. Walaupun banyak yang menghubungkan biru dengan hal-hal positif, warna ini juga mengindikasikan sifat yang dingin serta kesedihan. Menurut penulis legendaris Goethe dalam bukunya Theory of Colours, warna biru termasuk dalam kategori “minus colors” yang menstimulus perasaaan-perasaan negatif seperti restless hingga anxious – dari sini kita mengenal istilah feeling blue

The other way around, this color gives unexpected action. Pada tahun 2000 di daerah Glasgow, Skotlandia, pemerintah setempat memasang infrastruktur berupa penerangan jalan dengan cahaya lampu berwarna biru. Awalnya sih cuma pengen mempercantik lanskap kotanya; tapi ternyata hal ini diikuti dengan menurunnya tingkat kriminalitas pada area yang disinari oleh cahaya lampu tersebut. Hal ini juga terjadi di Jepang dan menemukan penurunan tingkat suicidal. Kembali lagi, warna biru bisa diasosiasikan sebagai perasaan security and comfort

Saking banyaknya tipe dan kode, penamaan warna makin hari makin bervariasi. Sebenernya ini salah satu strategi marketing loh! Sekarang aku tanya, lebih suka yang mana – biru langit atau sky blue? Kebanyakan cewek-cewek pasti lebih memilih opsi kedua, padahal dua istilah tersebut punya makna yang serupa. Ini tuh sama aja kaya kita lagi di cafĂ©, yang satu mesen teh panas satu lagi mesen hot tea – sama-sama teh, tapi beda harganya bikin dompet langsung menipis. Konsumen menilai nama warna yang unik merangsang keinginan kita untuk membeli produk tersebut

Mengombinasikan warna classic blue ini juga bisa dibilang gak terlalu susah kok. Warna ini bakal cantik banget jika dipadu-padankan dengan warna kuning dan turunannya – mustard, honey, cream. From this combination, we can represent our elegant yet bright side. Kalau aku pribadi seneng banget pake classic blue V-neck tops dipadu tuscany knee-length skirt, classic sneakers, dan sunflower bucket hat

Untuk inspirasi lain bisa cek disini ya – keep it up with classic blue without feeling blue! 


Sources: 
Dzulkifli, M. A., and Mustafar, M. A. (2013). The Influence Colour on Memory Performance: a Review. The Malaysian Journal of Medical Sciences, 20(2), 3-9. 
Grohol, John M. (2018, July 8). Can Blue-Colored Light Prevent Suicide? 
Mehta, R., and Zhu, R. J. (2009). Blue or Red? Exploring the Effect of Color on Cognitive Task Performances. Science, 323(5918), 1226-1229. 
Miller, Elizabeth G., and Kahn, Barbara E. (2005). Shades of Meaning: The Effect of Color and Flavor Names on Consumer Choice. Journal of Consumer Research, 32(1), 86-92. 
Westland, Stephen. (2017, September 30). Here’s How Colours Really Affect Our Brain and Body, According to Science. 
Yi, Pan. (2010). Attentional Capture by Working Memory Contents. Journal of Experimental Psychology/Revue Canadienne de Psychologie Expérimentale, 64(2), 124-128.

Post a Comment

Instagram